APIGO, API Gateway Indonesia yang Memudahkan Kebutuhan Bisnis

API
API


API adalah singkatan dari Application Programming Interface, dan memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi atau dengan aplikasi yang berbeda secara bersamaan. API terdiri dari berbagai elemen seperti function, protocols, dan tools lainnya yang memungkinkan developers untuk membuat aplikasi. Tujuan penggunaan API adalah untuk mempercepat proses development dengan menyediakan function secara terpisah sehingga developer tidak perlu membuat fitur yang serupa. Penerapan API akan sangaat terasa jika fitur yang diinginkan sudah sangat kompleks, tentu membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya. Misalnya: integrasi dengan payment gateway. Terdapat berbagai jenis sistem API yang dapat digunakan, termasuk sistem operasi, library, dan web. 

Keberadaan layanan API telco sejatinya membuka banyak kesempatan besar. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, API telco mampu meningkatkan kinerja bisnis dengan mempermudah layanan ataupun memberi nilai tambah produk. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi sudah mengubah kebiasaan orang. Mulai dari cara mengonsumsi berita, mendapatkan produk, hingga berkomunikasi tidak lagi sama. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap bisnis. Pelaku usaha yang baik bakal memperhatikan tren tersebut. Mereka perlu tahu perubahan di pasar dan beradaptasi untuk memenuhi tuntutan konsumennya masing-masing yang berkembang.
Melihat hal tersebut, sebagai pelaku usaha, Anda pantang menyepelekan API. Ada banyak bagian API yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan bisnis. Layanan API telco adalah salah satunya.
API telco merupakan bagian API yang berkaitan dengan dunia telekomunikasi. Ada banyak jenis layanan dalam dunia telekomunikasi seperti SMS, MMS, atau telepon. Anda bisa mengoptimalkan semua itu untuk peningkatan kinerja bisnis dengan API telco.
Praktik yang ditawarkan cukup banyak. Dengan memanfaatkan jasa layanan API gateway, Anda bisa meningkatkan costumer experience. Sebagai contoh Anda bisa memudahkan konsumen menjangkau Anda dengan SMS. Dengan API, pelanggan dapat mendapatkan produk atau jasa Anda hanya dengan SMS.
Bisa jadi pula Anda dapat membuat terobosan dengan membuat pembayaran dengan sistem potong pulsa. Hal itu dimungkinkan dengan layanan API telco.
Selain itu, layanan API telco memungkinkan perusahaan Anda mendekatkan diri dengan konsumen dengan mudah. Misalnya Anda ingin membuka layanan pengaduan pelanggan via telepon di aplikasi. Konsumen hanya perlu membuka apps untuk menelpon Anda. API telco memungkinkan hal tersebut dilakukan.
Kalau semua itu dilaksanakan tentu akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan Anda. Ujung-ujungnya bisa meningkatkan penjualan yang mengangkat kinerja bisnis.
Singkat kata, layanan API telco membuka kesempatan besar bagi bisnis untuk berkembang. Pelaku usaha hanya perlu untuk berpikir kreatif dalam pemanfaatannya. Lalu pilihlah penyedia jasa layanan API gatewayterpercaya untuk menjalankannya.
Apigo merupakan penyedia jasa layanan API gateway yang direkomendasikan. Ada empat jenis layanan yang bisa mereka berikan terkait API telco. Apigo. bisa membantu Anda terkait messaging (SMS, MMS, USSD, dll.), API voicebackend as a service, hingga digital payment. Didukung kemampuan mumpuni, Apigo dapat memungkinkan Anda memanfaatkan layanan API telco dengan optimal.
Source : APIGO.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APIGO, API Gateway Indonesia yang Memudahkan Kebutuhan Bisnis"

Post a Comment

Berita Tiga Dua: APIGO, API Gateway Indonesia yang Memudahkan Kebutuhan Bisnis