Fakta Menarik Caviar, Makanan Paling Mahal Sedunia

caviar
Makanan Paling Mahal
Caviar, kuliner lezat sekaligus mahal merupakan makanan yang terdiri dari telur ikan keturunan dari keluarga Acipenseridae. Tidak semua lidah manusia dapat mencicipinya, karena harga 1kg nya saja mencapai $9,000 atau sekitar Rp 120juta rupiah ! Bagi kita harga segitu mungkin sudah bisa dipakai untuk membeli mobil atau rumah. Namun kenyataannya masih banyak orang kaya di luar sana yang rela membayar harga segitu untuk mencicipi makanan ini. Caviar dapat disajikan dalam keadaan segar atau yang sudah di pasteurisasi (atau di sterilisasi dari organisme merugikan), namun dengan di pasteurisasi akan mengurangi nilai ekonomi serta citra rasa kulinernya.

Negara penghasil makanan termahal di dunia ini adalah Rusia dan Iran. Cara memakannya pun cukup unik, jika anda ingin menikmatin caviar dengan rasa yang lebih nikmat, anda harus memakannya dengan tangan anda. Tapi bukan telapak tangan yang biasa kita gunakan untuk makan, yaitu menggunakan kulit luar tangan kita.


caviar


Tentu makanan semahal ini memiliki berbagai macam kualitas, ada yang baik dan ada yang kurang. Cara membedakan kualitas caviar yang baik dengan yang tidak adalah dengan menggesek - gesekannya sehingga mengeluarkan bunyi seperti dengkuran kucing. Caviar adalah makanan terlezat paling tua sebelum tiram merah, truffle, bahkan Champagne. Kenikmatan memakan makanan ini dinilai pada warna, rasa, tekstur dan kematanganya.

Meskipun tinggi sodium dan kolesterol, kaviar kaya akan kalsium dan fosfor, serta protein, selenium, zat besi, magnesium, dan vitamin B12, B6, B2, C, A dan D. Hal ini juga mengandung asam amino argine dan histidin, serta asam amino penting lisin, isoleusin, dan methonine. Satu sendok makan kaviar mengandung gram asam lemak Omega-3 yang membantu mencegah penyakit jantung.

Dulu maknanan ini diresepkan untuk meringankan depresi. Ikan Beluga sturgeon saat ini terancam punah, sehingga Fish and Wildlife Service Amerika Serikat melarang impor Beluga pada tahun 2005 yang berasal dari Laut Kaspia dan Laut Hitam cekungan. Caviar tidak boleh dibekukan, karena akan menjadikannya lembek.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Menarik Caviar, Makanan Paling Mahal Sedunia"

Post a Comment

Berita Tiga Dua: Fakta Menarik Caviar, Makanan Paling Mahal Sedunia